Febriyanti, Sri Rahayu (2025) Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
SRI RAHAYU FEBRIYANTI_2001060017_TMTK_2025.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan modul berbasis kontekstual pada materi aljabar dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dialami siswa MTs Riyadhlatul Ulum dalam mempelajari materi aljabar diantaranya yaitu cukup sulit dipelajari sebab materi ini memuat kombinasi antara angka dan huruf sehingga sulit memahami materi tersebut. Tingkat pemahaman siswa terhadap materi aljabar yaitu sedang, dikarenakan pembelajaran yang ada di dalam lingkup pesantren dan materi yang di anggap tidak menarik untuk dihubungkan dengan suasana islami dan bernuansa pesantren dan kehidupan sehari-hari cukup sulit untuk di pahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis kontekstual pada materi aljabar untuk siswa kelas VII madrasah tsanawiyah serta menganalisis kelayakan dan respon dari siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan produk modul berbasis kontekstual pada materi aljabar untuk siswa kelas VII madrasah tsanawiyah yang dikembangkan melalui aplikasi Canva diperoleh nilai data validasi produk yaitu oleh validator ahli materi sebesar 82,6% dalam kategori “layak” dan oleh validator ahli media sebesar 86% dalam kategori “sangat layak”.
Hasil respon uji coba produk modul berbasis kontekstual pada materi aljabar untuk siswa kelas vii madrasah tsanawiyah yang dikembangkan dinyatakan “menarik” oleh siswa dengan hasil persentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dan uji coba respon maka dapat disimpulkan bahwa produk modul berbasis kontekstual pada materi aljabar untuk siswa kelas vii madrasah tsanawiyah layak dan baik digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Modul, kontekstual, aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |