Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar

Nazli, Elisa Nur (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Undergraduate thesis, UIN JURAI SIWO LAMPUNG.

[thumbnail of Elisa Nur Nazli_2001060008_TMTK_2025.pdf] PDF
Elisa Nur Nazli_2001060008_TMTK_2025.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu kemempuan peserta didik untuk mencari jalan keluar yang dilakukan secara individu agar mencapai tujuan, sangat memerlukan kesiapan, juga kreativitas, pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika dipandang sebagai hal dasar yang sangat penting dimiliki setiap siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi program linear.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian tiga orang siswa kelas XI MA Ahsanul Ibad. Tiga siswa tersebut dipilih mewakili masing-masing satu gaya belajar yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memahami masalah dan merencanakan solusi secara sistematis melalui visualisasi, siswa auditorial cenderung memahami dan menyelesaikan masalah dengan mengandalkan penjelasan verbal, sedangkan siswa kinestetik lebih aktif dalam menyelesaikan masalah melalui pendekatan praktik langsung. Setiap gaya belajar menunjukkan karakteristik tersendiri dalam memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan mengecek kembali. Dalam penelitian ditemukan bahwa, gaya belajar berperan penting dalam strategi dan efektivitas siswa dalam memecahkan masalah matematis, sehingga guru perlu menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai gaya belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, gaya belajar, pendekatan Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:48
Last Modified: 19 Aug 2025 03:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11694

Actions (login required)

View Item View Item