Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan

Dara, Ervia Friska (2025) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ERVIA FRISKA DARA _2101071008_IPS_2025.pdf] PDF
SKRIPSI_ERVIA FRISKA DARA _2101071008_IPS_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu upaya yang harus diselenggarakan oleh pemerintah dalam rangka mengupayakan perubahan terhadap masyarakat atau hak-hak bagi masyarakat. Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar misalnya ketersediaan gedung sekolah, ruang sekolah, fasilitas perpustakaan, fasilitas laboratorium, media pengajaran, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Total Sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat hipotesis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (Fasilitas Belajar) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisi data regresi linier sederhana dengan hasil nilai sig hitung sebesar 0,046 yaitu < dari 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pekalongan.Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 6,9% menunjukan bahwa 6,9% variasi dalam hasil belajar dipengaruhi oleh fasilitas belajar sedangkan 93,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:05
Last Modified: 27 Aug 2025 01:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item