Manggrawati, Rahma (2025) Deskripsi Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Soal Geometri Berbasis Etnomatematika. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.
![]() |
PDF
Rahma Manggrawati_2101062005_TMTK_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal geometri berbasis etnomatematika pada siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Natar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, serta kurangnya keterkaitan antara konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Natar.
Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami beberapa bentuk kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri berbasis etnomatematika, yaitu: (1) kesulitan dalam menganalisis dan memahami masalah pada soal, (2) kesulitan dalam melakukan perhitungan, dan (3) ketidakmampuan dalam menyimpulkan hasil akhir. Meskipun sebagian besar siswa belum familiar dengan konsep etnomatematika, mereka menunjukkan ketertarikan terhadap soal yang mengandung unsur budaya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam matematika, khususnya pada materi geometri.
Kata Kunci: geometri, etnomatematika, kesulitan belajar, siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:13 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |