Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Media Pembelajaran Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMK Islam YPI 2 Way Jepara

Nindiani, Amelia (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMK Islam YPI 2 Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro Lampung.

[thumbnail of Amelia Nindiani_2101012004_PAI_2025.pdf] PDF
Amelia Nindiani_2101012004_PAI_2025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu perantara yang bertujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran, dapat menigkatkan minat belajar peserta didik, terutama pada mata pelajaran PAI. Permasalahan dari hasil pra survey pada penelitian ini adalah peserta didik masih ada yang kurang berminat dan kurang tertarik pada mata pelajaran PAI sehingga saat proses kegiatan belajar mengajar dilakukan, peserta didik kurang antusias, pasif, tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan, bermain handphone, mengobrol dengan teman dan tidur saat kegiatan pembelajaran dilakukan. Hal ini karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI yang kurang bervariatif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Media Pembelajaran Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik kelas XI di SMK Islam YPI 2 Way Jepara?”. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik kelas XI di SMK Islam YPI 2 Way Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus pearson product moment. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh media pembelajaran guru PAI terhadap minat belajar peserta didik di SMK Islam YPI 2 Way Jepara”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Islam YPI 2 Way Jepara yang berjumlah 227 siswa yang terdiri dari 9 kelas dan 6 program studi.

Selanjutnya peneliti menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji normalitas yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,092 yang artinya > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual pada variabel media pembelajaran dan minat belajar berdistribusi normal. Berdasarkan hasil output uji homogenitas yang telah peneliti lakukan dapat diketahui bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0.666 yang berarti lebih besar dari 0.05, yaitu p=0,666 > 0,05, yang artinya bahwa distribusi data adalah homogen.

Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima. Hal tersebut dapat dilihat dari pengujian hipotesis menggunakan Uji korelasi Pearson Product Moment yang diperoleh menggunakan IBM SPSS Statistics Version 25, dengan hasil Rhitung= 0,213 dan untuk harga Rtabel= 0,165, maka dari hasil tersebut telah terbukti bahwa nilai Rhitung lebih besar dari Rtabel, yaitu 0,213 > 0,165. Selain itu dapat dilihat juga melalui nilai signifikansi yaitu sebesar 0,010 < 0,05, selanjutnya berdasarkan hasil dari konsultasi table interpretasi ix diketahui bahwa nilai dari Rhitung , yaitu 0,213 berada diantara 0,20 – 0,399 dan berdasarkan hasil hitung uji t diketahui bahwa nilai Thitung = 2,686. Kemudian nilai Ttabel yaitu N-2 dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, yaitu 1,655. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel yakni, 2,686 > 1,655 maka dapat diketahui bahwa ada Pengaruh Media Pembelajaran Guru PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMK Islam YPI 2 Way Jepara.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 Aug 2025 10:41
Last Modified: 28 Aug 2025 10:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item