Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al Muhsin

Taufik, Affan Ahmadi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al Muhsin. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[thumbnail of Affan Ahmadi Taufik_1801041002_TPM_2025.pdf] PDF
Affan Ahmadi Taufik_1801041002_TPM_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTs Al Muhsin Kota Metro. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya minat, motivasi, dan keaktifan dalam proses pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru.

Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain posttest-only control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (posttest), observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney U, tergantung pada normalitas data yang diperoleh.

Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model STAD dengan yang menggunakan metode ceramah. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,556, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 73. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aljabar.

Kata Kunci: STAD, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:52
Last Modified: 01 Sep 2025 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item