Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Mengatasi Kesalahan Pengucapan yang Umum dalam Membaca Teks Arab Siswa MIN 3 Metro

Oktavia, Rohani (2025) Mengatasi Kesalahan Pengucapan yang Umum dalam Membaca Teks Arab Siswa MIN 3 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Rohani Oktavia_2371030044_PBA_2025.pdf] PDF
Rohani Oktavia_2371030044_PBA_2025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini permasalahan kesalahan dalam pelafalan teks bahasa Arab yang acapkali terjadi di MIN 3 Metro, berupa pengucapan huruf yang tidak sesuai dengan makhraj-nya (tempat keluarnya suara) atau perubahan suara yang mengubah arti kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk- bentuk kesalahan pengucapan yang umum dalam membaca teks Arab siswa kelas III MIN 3 Metro, factor- factor penyebab kesalahan pengucapan yang umum dalam membaca teks Arab dan strategi untuk mengatasi kesalahan pengucapan yang umum dalam membaca teks Arab.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian ini melibatkan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu data wawancara yang diperoleh dari siswa, dan guru mata pelajaran bahasa Arab dan data skunder yaitu berbagai dokumen tentang MIN 3 Metro yang diperlukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kesalahan pengucapan yang umum dalam membaca teks Arab yang terjadi di MIN 3 Metro dikelompokan menjadi 3, yaitu perubahan fonem, pengurangan fonem dan penambahan fonem. Faktor penyebab kesalahan pengucapan yang umum dalam membaca teks Arab adalah kurangnya motivasi belajar, kebiasaan membaca yang rendah, dan keterbatasan kemampuan dasar siswa. Strategi yang telah dilakukan guru adalah memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan pengucapan, serta mengulang pengucapan huruf-huruf hijaiyah yang sering tertukar seperti )ق dan ك, atau س dan ث). Guru disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif, agar proses pembelajaran Bahasa Arab tidak monoton dan mampu meningkatkan minat serta partisipasi aktif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:27
Last Modified: 04 Sep 2025 03:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item