Efendi, Ahmad (2025) Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Kemampuan Kalam Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AHMAD EFENDI, 2101023001_PBA_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajran bahasa arab di MAN 1 lampung timur yang cenderung berpusat pada guru dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media youtube terhadap kemampuan kalam siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas XI di MAN 1 Negeri Lampung timur. Jumlah siswa yang diteliti pada kelas eksperimen adalah 29 orang dan pada kelas kontrol adalah 29 orang.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 1 Negeri lampung timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dimana dipilih atas pertimbangan jumlah siswa yang hampir sama dan kemampuan siswa relatif sama dilihat dari nilai rata-rata siswa dan masih kurangnya kemampuan muharah kalam siswa kelas IX.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata posttest peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media youtube (kelas eksperimen) sebesar 65,69 lebih besar dari rata-rata posttest peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional (kelas kontrol) sebesar 64,48. Untuk itu dilakukan analisis melalui analisis One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Hal ini juga ditunjukkan dari hasil uji t posttest siswa dengan diperoleh nilai posttest Sig. (2-tailed) = 0,722. Sedangkan alpha penelitian = 5% atau 0,05. Artinya, nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dari nilai alpha (0,722 < 0,05) Hal tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan kalam siswa kelas eksperimen jika dibandingkan dengan kemampuan kalam pada kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan media youtube Terhadap kemapuan kalam siswa pada Kelas eksperimen (XI A) di MAN 1 Lampung timur hal ini sekaligus menerima hipotesis alternatif dan menolak hipotesis nol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:28 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |