Wicaksono, Rizki Arif (2025) Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Istima’ Siswa Kelas VIII SMP Darul ‘Ulum Sekampung Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
Text
RIZKI ARIF WICAKSONO_2101020012_PBA_2025.pdf Download (5MB) |
![]() |
PDF
RIZKI ARIF WICAKSONO_2101020012_PBA_2025.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar istima’ (menyimak) siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Sekampung, Lampung Timur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab, yang sebagian besar disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Pree-Eksperiment . Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes minat belajar menggunakan soal sebanyak 15 soal essay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil pree-test dan post-test dari kelas VIII membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pengaruh penggunaan media video pembelajaran. Berdasarkan tabel Uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor preetest dan posttest, dengan nilai rata-rata selisih -18,333. Nilai sig. (2-tailed) = 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak, artinya ada peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar istima setelah menggunakan media video.
Kata kunci : Media Video, Belajar Istima’, dan Penelitian Kuantitatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |