Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Pembelajaran Morfologi Bahasa Arab Santri Kelas Ibtida’ Awal Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Tumur Tahun Ajaran 2024/2025

Mukarromah, Khafidatul (2025) Problematika Pembelajaran Morfologi Bahasa Arab Santri Kelas Ibtida’ Awal Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Tumur Tahun Ajaran 2024/2025. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of KHAFIDATUL MUKARROMAH_2371030039_PBA_2025.pdf] PDF
KHAFIDATUL MUKARROMAH_2371030039_PBA_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika santri dalam pembelajaran morfologi (Shorof) bahasa Arab dipondok pesantren Riyadlatul Ulum, khususnya pada tahap pemula. Fokus penelitian ini adalah pada proses pembentukan fi'il dari bentuk fi'il māḍī ke fi'il muḍhori„ dan fi'il amr, serta proses penentuan dhomir dalam pembentukan kata kerja (fiil). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan morfologi sebagai fondasi dalam memahami struktur bahasa Arab secara utuh.

Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan guru dan santri, serta dokumentasi terhadap materi pembelajaran yang digunakan di pondok pesantren Riyadlatul Ulum. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk deskriptif, dan menarik kesimpulan dari pola-pola yang ditemukan selama proses penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembentukan kata kerja santri masih didominasi oleh metode hafalan dan belum melibatkan pemahaman terhadap makna dan fungsi perubahan bentuk fi‟il. Hal ini menyebabkan santri kesulitan ketika harus menerapkan bentuk-bentuk tersebut dalam praktik berbahasa. Selain itu, ditemukan bahwa santri dalam menentukan ḍhamir masih mengandalkan metode taqlid, yaitu meniru contoh tanpa memahami aturan yang mendasarinya. Kedua temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran morfologi belum sepenuhnya mendorong pemahaman yang mendalam dan partisipasi aktif dari santri. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih komunikatif, bertahap, dan menyesuaikan dengan kemampuan santri agar mereka dapat menguasai morfologi bahasa Arab secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:25
Last Modified: 04 Sep 2025 03:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item