Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Prinsip-Prinsip Humanistik pada Materi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas dalam Naungan Kementerian Pendidikan di Lampung Timur

Antono, Ian (2025) Implementasi Prinsip-Prinsip Humanistik pada Materi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas dalam Naungan Kementerian Pendidikan di Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Ian Antono_2371030038_PBA_2025.pdf] PDF
Ian Antono_2371030038_PBA_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Merdeka Belajar merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan yang mendorong pendekatan fleksibel, inklusif, dan berpusat pada peserta didik. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip humanistik yang menekankan penghargaan terhadap keunikan dan potensi individu. Penelitian ini bertujuan mengkaji integrasi prinsip humanistik dalam materi pelajaran Bahasa Arab di SMA di bawah naungan Kementerian Pendidikan di Lampung Timur, serta mengungkap kelebihan, kelemahan, dan dampaknya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sumber data meliputi dokumen prinsip humanistik, materi pelajaran Bahasa Arab, serta literatur terkait dari guru bahasa Arab di SMAIT Baitul Muslim, SMA Muhammadiyah Braja Selebah dan SMA Maarif NU 5 Purbolinggo.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prinsip-prinsip humanistic dilakukan secara sistematis dan menyeluruh dengan menempatkan kebutuhan, minat, dan potensi unik siswa sebagai pusat dalam penyusunan materi pembelajaran. Sebagaimana ditunjukan dalam proses penyusunan materi dimulai dengan penentuan tujuan pembelajaran yang jelas, diikuti oleh identifikasi kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa melalui survey atau asesmen awal. (2) Kelebihannya siswa menunjukan peningkatan dalam berfikir kritis, komunikasi, empati dan toleransi karena materi relevan dan interaktif. Sedangkan kelemahannya terbatasnya waktu yang dialokasikan dan ketidakteraturan struktur materi pembelajaran. (3) Dampaknya materi menjadi lebih bermakna dan kontekstual serta berkontribusi pada pembentukan karakter positif seperti kejujuran tanggung jawab, dan keterampilan sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:26
Last Modified: 04 Sep 2025 03:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item