Tanjung, Muhammad Ridho Faliandra Tanjung (2025) Penelusuran Metode Humanistik pada Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Islam Al Muhsin Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Muhammad Ridho Faliandra Tanjung_2371030046_PBA_2025.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pentingnya pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Islam Al Muhsin Metro menjadi fokus utama penelitian ini1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi antara guru dan santri, interaksi antara pengurus dan santri, serta proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan humanistic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasoi. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Islam Al Muhsin Metro.Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara guru dan santri dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Islam Al Muhsin Metro sudah berjalan baik. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, mediator, dan evaluator. Mereka menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, aman, dan mendukung,di mana siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi aktif, mengungkapkan pendapat, dan bereksperimen dengan bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan mencakup bimbingan individu, kelompok, dan keakraban. Nilai-nilai seperti empati, toleransi, dan saling menghargai juga ditekankan. Interaksi positif ini tidak hanya terjadi di kelas, tetapi juga di luar jam pelajaran, seperti di asrama. Proses pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini memprioritaskan siswa untuk aktif. Metode pembelajaran yang digunakan bervariasi, meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, penugasan, pemecahan masalah, dan demonstrasi, dengan penerapan nilai-nilai pendidikan humanistic. Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui perkembangan siswa dan mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui tes tertulis, lisan, dan praktik, serta pengamatan sehari-hari.
Faktor pendukung keberhasilan implementasi pendekatan humanistik meliputi lingkungan pembelajaran yang kondusif, peran guru yang berwawasan luas dan kreatif, fasilitas yang memadai, minat siswa yang tinggi, serta sanksi yang bersifat mendidik. Hambatan yang ditemukan termasuk guru yang belum sepenuhnya memahami konsep pendidikan humanistik dan tantangan dalam menghadapi generasi "instan" yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam belajar.
Kata Kunci : Pendekatan Humanistik, Pembelajaran Bahasa Arab, Proses Pembelajaran, Interaksi Guru-Santri
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 14 Sep 2025 09:51 |
Last Modified: | 14 Sep 2025 09:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |