Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel

Suranti, Tri (2022) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI - Tri Suranti.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

E-modul matematika merupakan bentuk elektronik dari modul pembelajaran matematika yang didalamnya tidak hanya terdapat teks tapi juga terdapat gambar dan juga video. Namun pada sekolah yang peneliti teliti belum mengembangkan e-modul. Sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil studi pendahuluan siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik, mudah dipahami, dapat diakses menggunakan internet dan berbasis kebudayaan Lampung. Oleh karena itu perlu dikembangkannya E-modul Matematika berbasis kebudayaan lampung. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui hasil produk E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII; 2) untuk mengetahui kelayakan produk E-modul matematika berbasis etnomatematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, 3) serta untuk mengetahui respon peserta didik menggunakan E-modul matematika berbasis etnomatematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.

Metode penelitian ini menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Tahap penelitian yang dilakukan peneliti yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implement (ujicoba), Evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh 4 ahli yaitu 1 ahli media, 2 ahli materi dan 1 ahli budaya. Tahap uji coba dilakukan satu kali yaitu pada kelompok kecil di kelas VII A.

Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat skor rata-rata 3,6 dengan kriteria layak, setelah itu lakukan validasi oleh ahli materi dan didapat skor rata rata 3,45 dengan kriteria layak kemudian dilakukan validasi oleh ahli budaya dan didapat skor rata-rata 4 dengan kriteria layak. Setelah peneliti melakukan validasi kemudian e-modul diuji cobakan untuk mengetahui respon siswa dalam menggunakan e-modul. Respon siswa menggunakan e-modul adalah menarik yaitu dengan skor rata-rata 3,46.

Kata kunci: E-modul Matematika, Etnomatematika, Budaya Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:08
Last Modified: 24 Aug 2022 02:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item View Item