Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah

Fitriaeni, Rachma Aliza (2022) Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Rachma Aliza Fitriaeni after SIDANG REVISI 2 - Rachma Aliza Fitriaeni.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan segala prilaku yang dimiliki oleh siswa dalam menuntun mereka dalam mengatur tingkah laku yang dimilikinya, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada. Selain itu kedisiplinan dalam belajar dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan patuh terhadap segala peraturan yang ada. Kedisiplinan belajar juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah ada hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah?‖ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah yang berjumlah 140 siswa, yang terdiri dari 4 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan jumlah yang di ambil 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh infomasi/data dari responden, jenis angket yang digunakan angket langsung, dari cara menjawabnya angket pada penelitian ini menggunakan jenis angket tertutup yakni, angket yang telah menyediakan alternatif jawaban yang sudah disediakan saja, bentuk angket yang peneliti gunakan yaitu angket check list (). Angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 12 item pernyataan dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ―tidak ada hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah‖. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar -0,135. Dapat diketahui bahwa rhitung -0,135 dan rtabel 0,284 dengan taraf signifikan 5% artinya rhitung < rtabel, maka Hipotesis Nol (H0) diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar PAI siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak Lampung Tengah dikarenakan terdapat faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar. Hasil tersebut dilihat dari nilai sig yaitu 0,360 > 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:41
Last Modified: 12 Dec 2022 07:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item